laporan motor bakar internal
LAPORAN AKHIR
PRAKTIKUM
TEKNIK MOTOR BAKAR INTERNAL
KURIKULUM 2014-2019
DI SUSUN OLEH :
JUNAIDIN
1511041
JURUSAN TEKNIK MESIN S-1
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG
2018
KATA PENGANTAR
puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan
Yang Maha Esa atas berkat dan rahmatnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan
laporan praktikum”TEKNIK MOTOR BAKAR INTERNAL”. Laporan ini disususnj untuk
memenuhi syarat mata kuliah yang harus di tempuh oleh seluruh mahasiswa institute
teknologi nasional malang.
Selama
penyusunan laporan ini penulis banyak menemui hambatan hambatan dalam
penysusnannya. Pada kesempatan ini ini penulis mengucapkan terima kasih banyak
kepada:
1.
Dosen pembimbing laporan praktikum teknik motor
bakar internal
2.
Segenap staff dan karyawan laboratorium proses
produksi 1 dengan penuh kesabaran dalam membimbing kami semua untuk
melaksanakan prsktikum hingga mendapat hasil yang maksimal.
Semua rekan rekan mahasiswa yabg telah membantu dalam
menyelesaikan lapopran ini.
Penulis
mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan laporan ini.
Malang, 29 mei 2018
Junaidin
1. TUJUAN PRAKTIKUM
Mengenal prestasi suatu motor bakar pada
kecepatan yang bervariasi, meliputi:
Ø
Mengetahui daya efektif motor bakar yang
dihasilkan pada putaran yang bervariasi.
Ø
Mengetahui torsi motor bakar yang dihasilkan
pada putaran yang bervariasi
Ø
Mengetahui konsusmsi bahan bakar spesifik yang
dihasilkan pada putaran yang bervariasi.
Ø
Mengetahui kadar unsur gas buang motor bakar
yang dihasilkan (CO2, O2, N2)
2. ANALISA DATA HASIL PRAKTIKUM
Ø
Daya motor
Ø
Torsi
Ø
Konsumsi bahan bakar spesifik
Ø
Analisa gas buang
DATA
HASIL PENGAMATAN
PENGUJIAN
MOTOR BAKAR
TEKANAN UDARA LUAR
|
AMBIEN TEMPERATURE
|
SPESIFIK BAHAN BAKAR
|
|||
(pa): 1101 mbar
|
(TA) : 220C
|
OKTAN: 90
|
|||
Compresi rasio
|
Nd
speed
|
Td
Dyno
torque
|
t
time
fuel
|
∆hw
Air
box pressure
|
|
65 : 1
|
1250
|
1,45
|
65,41 d
|
30C
|
|
1500
|
1,285
|
57,34 d
|
40C
|
||
1750
|
1,975
|
52,09 d
|
4,50C
|
||
2000
|
1,95
|
48,5 d
|
50C
|
||
KETENTUAN KETENTUAN
MERLIN I
Ø
Kecepatan motor (ne) : 6/5 kecepatan dynamometer (nd)
Ø
Torsi motor (Te) : 5/6 torsi dynamometer (Td)
MERLIN II
Ø
Kecepatan motor (ne) : 6/7 x kecepatan dynamometer (nd)
Ø
Torsi motor (Te) : /76 x
torsi dynamometer (Td)
Ø
Density of fuel (pf) : petrol : 0,741 g/ml, fuel : 0,840 g/ml
RUMUS RUMUS
Ø
Brake power : (Ne)
Ne =
Ø
Fuel mass flow rate
Mf = v.pf.
Ø
Air mass flow rate : (mf)
Ma =
k
: petrol = 0,750
K : fuel
= 1,497
Ø
Air fuel ratio : (AFR)
AFR =
Ø
Volumetric efficiency (
)
Ƞv = 100
pa = tekanan udara luar
Pa =
Ta =
temperature udara luar
Vs
= volume langkah = 0,07661
R = konstanta gas udara
= 287 joule/kg0k
Ø
Break spesifik fuel consumption : (SFC)
SFC =
Ø
Break termal efficiency : Ƞbth
Ƞbth =
Cv
= 43 mj/kg
PERHITUNGAN :
1. KECEPATAN MOTOR (ne) : 6/5
kecepatan dynamometer (nd)
Ø 6/5
x 1250 = 1500 rpm
Ø 6/5
x 1500= 1800 rpm
Ø 6/5
x 1750= 2100 rpm
Ø 6/5
x 2000 = 2400 rpm
2. TORSI MOTOR (Te) : torsi
dynamometer (Td)
Ø 5/6 x 1,45 = 1,20 Nm
Ø 5/6 x 1,285 = 1,07 Nm
Ø 5/6 x 1,975 = 1,64 Nm
Ø 5/6 x 1,95 = 1,62 Nm
3. Brake power (Ne)
Ø
= 0,18 kw
Ø
= 0,20 kw
Ø
= 0,36 kw
Ø
= 0,40 kw
4. Fuel mass flow rate (mf)
Ø 8. 0,741.
= 0,32 kg/second
Ø 8. 0,741.
= 0,37 kg/secon
Ø 8. 0,741.
= 0,40 kg/secon
Ø 8. 0,741.
= 0,43 kg/second
5. Air mass flow rate (ma)
Ø
= 2,5 kg/second
Ø
= 2,8 kg/second
Ø
= 3,0
kg/second
Ø
= 3,2
kg/second
6. Air fuel ratio (AFR)
Ø
= 7,8
Ø
= 7,56
Ø
= 7,5
Ø
= 7,4
7. Volumetric
efficiency (ve)
Ø 100
= 0,3 %
Ø 100
= 0,37 %
Ø 100
= 0,28 %
Ø 100
= 0,6 %
8. Break termal efficiency (Ƞbth)
Ø
= 0,1
Ø
= 0,1
Ø
= 0,2
Ø
= 0,2
9. Break spesifik fuel
consumption (SFC)
Ø
= 1,78 g/kw
Ø
= 1,85 g/kw
Ø
= 1,11 g/kw
Ø
= 1,7 g/kw
DAFTRAR HASIL PERHITUNGAN
TABEL HASIL
NO
|
Ne
rpm
|
Te
Nm
|
N
Kw
|
Mf
Kg/sec
|
Ma
Kg/sec
|
AFR
|
Ƞve
%
|
Ƞbth
|
SFC
g/Kw
|
1
|
1500
|
1,20
|
0,18
|
0,32
|
2,5
|
7,8
|
0,3
|
0,1
|
1,7
|
2
|
1800
|
1,07
|
0,20
|
0,37
|
2,8
|
7,56
|
0,37
|
0,1
|
1,8
|
3
|
2100
|
1,64
|
0,36
|
0,40
|
3,0
|
7,5
|
0,28
|
0,2
|
1,11
|
4
|
2400
|
1,62
|
0,40
|
0,43
|
3,2
|
7,4
|
0,6
|
0,2
|
1,1
|
Comments
Post a Comment