laporan motor bakar internal



LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM
TEKNIK MOTOR BAKAR INTERNAL
KURIKULUM 2014-2019




DI SUSUN OLEH :

JUNAIDIN                 1511041


JURUSAN TEKNIK MESIN S-1
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG
2018



KATA PENGANTAR

            puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmatnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan praktikum”TEKNIK MOTOR BAKAR INTERNAL”. Laporan ini disususnj untuk memenuhi syarat mata kuliah yang harus di tempuh oleh seluruh mahasiswa institute teknologi nasional malang.
            Selama penyusunan laporan ini penulis banyak menemui hambatan hambatan dalam penysusnannya. Pada kesempatan ini ini penulis mengucapkan terima kasih banyak kepada:
1.      Dosen pembimbing laporan praktikum teknik motor bakar internal
2.      Segenap staff dan karyawan laboratorium proses produksi 1 dengan penuh kesabaran dalam membimbing kami semua untuk melaksanakan prsktikum hingga mendapat hasil yang maksimal.
Semua rekan rekan mahasiswa yabg telah membantu dalam menyelesaikan lapopran ini.
            Penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan laporan ini.









Malang, 29 mei 2018



Junaidin
    1.      TUJUAN PRAKTIKUM
Mengenal prestasi suatu motor bakar pada kecepatan yang bervariasi, meliputi:
Ø  Mengetahui daya efektif motor bakar yang dihasilkan pada putaran yang bervariasi.
Ø  Mengetahui torsi motor bakar yang dihasilkan pada putaran yang bervariasi
Ø  Mengetahui konsusmsi bahan bakar spesifik yang dihasilkan pada putaran yang bervariasi.
Ø  Mengetahui kadar unsur gas buang motor bakar yang dihasilkan (CO2, O2, N2)

    2.      ANALISA DATA HASIL PRAKTIKUM
Ø  Daya motor
Ø  Torsi
Ø  Konsumsi bahan bakar spesifik
Ø  Analisa gas buang

















DATA HASIL PENGAMATAN
PENGUJIAN MOTOR BAKAR
TEKANAN UDARA LUAR
AMBIEN TEMPERATURE
SPESIFIK BAHAN BAKAR
(pa): 1101 mbar

(TA) : 220C
OKTAN: 90
Compresi rasio

Nd
speed

Td
Dyno torque
t
time fuel
hw
Air box pressure



65 : 1
1250
1,45
65,41 d
30C
1500
1,285
57,34 d
40C
1750
1,975
52,09 d
4,50C
2000
1,95
48,5 d
50C







KETENTUAN KETENTUAN
MERLIN I

Ø  Kecepatan motor         (ne)      : 6/5 kecepatan dynamometer (nd)
Ø  Torsi motor                  (Te)      : 5/6 torsi dynamometer (Td)

MERLIN II
Ø  Kecepatan motor         (ne)      : 6/7 x  kecepatan dynamometer (nd)
Ø  Torsi motor                  (Te)      : /76 x  torsi dynamometer (Td)
Ø  Density of fuel                        (pf)      : petrol : 0,741 g/ml, fuel : 0,840 g/ml

RUMUS RUMUS
Ø  Brake power : (Ne)
Ne =
Ø  Fuel mass flow rate
Mf = v.pf.
Ø  Air mass flow rate : (mf)
Ma =                       k : petrol = 0,750
   K : fuel  = 1,497
Ø  Air fuel ratio : (AFR)
AFR =
Ø  Volumetric efficiency ( )
Ƞv = 100                   pa = tekanan udara luar
Pa =                                   Ta = temperature udara luar
Vs = volume langkah = 0,07661
R = konstanta gas udara = 287 joule/kg0k
Ø  Break spesifik fuel consumption : (SFC)
SFC =
Ø  Break termal efficiency : Ƞbth
Ƞbth =                 Cv = 43 mj/kg

PERHITUNGAN :

1.      KECEPATAN MOTOR (ne) : 6/5 kecepatan dynamometer (nd)
Ø  6/5 x 1250 = 1500 rpm
Ø  6/5 x 1500= 1800 rpm
Ø  6/5 x 1750= 2100 rpm
Ø  6/5 x 2000 = 2400 rpm
2.      TORSI MOTOR (Te) : torsi dynamometer (Td)
Ø  5/6 x 1,45 = 1,20 Nm
Ø  5/6 x 1,285 = 1,07 Nm
Ø  5/6 x 1,975 = 1,64 Nm
Ø  5/6 x 1,95 = 1,62 Nm
3.      Brake power (Ne)
Ø   = 0,18 kw
Ø   = 0,20 kw
Ø   = 0,36 kw
Ø   = 0,40 kw
4.      Fuel mass flow rate  (mf)
Ø  8. 0,741.  = 0,32 kg/second
Ø  8. 0,741.  = 0,37 kg/secon
Ø  8. 0,741.  = 0,40 kg/secon
Ø  8. 0,741.  = 0,43 kg/second


5.      Air mass flow rate (ma)
Ø   = 2,5 kg/second
Ø   = 2,8 kg/second
Ø   = 3,0  kg/second
Ø   = 3,2  kg/second
6.      Air fuel ratio (AFR)
Ø   = 7,8
Ø   = 7,56
Ø   = 7,5
Ø   = 7,4
7.      Volumetric efficiency (ve)
Ø  100  = 0,3 %
Ø  100  = 0,37 %
Ø  100  = 0,28 %
Ø  100  = 0,6 %
8.      Break termal efficiency (Ƞbth)
Ø   = 0,1
Ø   = 0,1
Ø   = 0,2
Ø   = 0,2
9.      Break spesifik fuel consumption (SFC)
Ø   = 1,78 g/kw
Ø   = 1,85 g/kw
Ø   = 1,11 g/kw
Ø   = 1,7 g/kw



DAFTRAR HASIL PERHITUNGAN
TABEL HASIL
NO
Ne
rpm
Te
Nm
N
Kw
Mf
Kg/sec
Ma
Kg/sec
AFR
Ƞve
%
Ƞbth
SFC
g/Kw
1
1500
1,20
0,18
0,32
2,5
7,8
0,3
0,1
1,7
2
1800
1,07
0,20
0,37
2,8
7,56
0,37
0,1
1,8
3
2100
1,64
0,36
0,40
3,0
7,5
0,28
0,2
1,11
4
2400
1,62
0,40
0,43
3,2
7,4
0,6
0,2
1,1


Comments

Popular Posts